Pusat


Sulut Tetapkan Target Investasi Sebesar Rp7,4 Triliun pada 2022

Tanggal Berita : 12-04-2022 || Unit : Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara


MANADO, iNews.id - Sulawesi Utara (Sulut) menetapkan target investasi pada 2022 sebesar Rp7,4 triliun. Guna mencapai target tersebut berbagai kemudahan diberikan kepada para investor dalam negeri maupun luar negeri yang akan berinvestasi.

 "Di tahun lalu, investasi Sulut sesuai target BKPM sebesar Rp5,51 triliun," sebut Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sulut Franky Manumpil, Senin (11/4/2022).

Dari target tersebut, DPM-PTSP dapat merealisasikan Rp5,94 triliun atau 108 persen dari target ditetapkan, sementara dari target RPJMD Rp3,75 triliun, terealisasi 159 persen. Dia menyebutkan, dari target tersebut, penanaman modal asing (PMA) menyumbangkan sebesar Rp2,4 triliun, sedangkan penanaman modal dalam negeri (PMDN) sebesar Rp3,48 triliun.

"Artinya, investasi PMA sebesar 41 persen dan PMDN sebesar 59 persen," katanya. Dia menjelaskan, target yang ditetapkan tahun ini lebih besar dibandingkan tahun lalu sehingga pemerintah daerah harus bekerja keras dan berinovasi mendatangkan investor.

Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw, lanjut Manumpil, akan melakukan sejumlah terobosan untuk menarik investor.

"Kita akan memudahkan pengurusan perizinan termasuk untuk usaha mikro kecil dan menengah," ujarnya. Pemprov Sulut juga akan memfasilitasi semua pelaku usaha sehingga investasi mengalir deras ke provinsi berpenduduk 2,6 juta jiwa itu.

Download Kliping

Narasumber  :  Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sulawesi Utara Sulut Franky Manumpil
Kategori  :  Kemandirian Ekonomi atau Kedaulatan Ekonomi
Jenis Media  :  Online
Nama Media  :  Sulut.inews.id