Pusat


Pemprov Sulut terus berupaya maksimal ciptakan iklim investasi kondusif

Tanggal Berita : 13-04-2022 || Unit : Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara


Manado (ANTARA) - Kepala Dinas Penanaman Modal-Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Sulawesi Utara, Franky Manumpil mengatakan, Pemerintah Provinsi Sulut terus berupaya maksimal menciptakan iklim investasi kondusif.
"Untuk menarik investor, kita perlu menciptakan iklim investasi yang kondusif. Kami berharap keamanan dan kenyamanan hidup masyarakat tetap terjaga supaya iklim investasi di daerah tetap terjaga," sebut Franky di Manado, Selasa.
Ia memaparkan, pada tahun 2022 ini, target investasi di Provinsi Sulut mencapai Rp7,4 triliun, lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya Rp5,51 triliun.
Dia mengakui, ada tantangan tersendiri mencapai target ini karena pelimpahan wewenang pemerintah pusat kepada Gubernur belum diserahkan sepenuhnya. Di beberapa sektor, kata dia, kewenangan mengeluarkan perizinan masih melekat di kementerian.
Dia mencontohkan, untuk galian C, khusus perizinan bahan mineral batuan dan logam masih berada di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).
Begitu juga dengan perizinan untuk sektor perikanan, lanjutnya, di mana perizinan untuk kapal dengan bobot di atas 30 GT (gross tonnage) masih berada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), termasuk kewenangan lainnya di bidang ketenagakerjaan.
Dia mengutarakan harapannya agar pemerintah pusat secepatnya melimpahkan kewenangan ke gubernur atau pemerintah tingkat provinsi untuk memberikan izin guna mempermudah iklim investasi di daerah.
Apabila pengurusan perizinan mudah dan cepat maka target realisasi investasi sepanjang tahun ini optimis tercapai.
"Ini menjadi tantangan pemerintah provinsi untuk mendorong investasi masuk ke Sulut," kata Franky.

Download Kliping

Narasumber  :  Kepala Dinas Penanaman Modal-Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Sulawesi Utara, Franky Manumpil
Kategori  :  Kemandirian Ekonomi atau Kedaulatan Ekonomi
Jenis Media  :  Online
Nama Media  :  antaranews.com