Pusat


BPKP Malut Awasi Penggunaan Dana Desa di Kab Halmahera Utara

Tanggal Berita : 15-03-2022 || Unit : Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara


AKSESNEWS.COM, TERNATE – Dalam rangka mengawal akuntabilitas dana desa pada triwulan I, Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara menugaskan tim untuk melakukan pengawasan intern desa triwulan I tahun 2022 pada Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara.

Kegiatan yang di jadwalkan selama 9 hari ini, tim perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara melakukan pengawasan ke 10 desa di antaranya, Desa Soa Sangaji Dim-Dim, Desa Waringin Lelewi, Desa Gamlaha, Desa Wateto, Desa Gorua Utara, Desa Luari, Desa Kupa-Kupa, Desa Efi-Efi, Desa Toweka, Desa Simau.

“Indikator yang diawasi dalam kegiatan ini meliputi evaluasi tata kelola dan perencanaan pembangunan desa, evaluasi tata kelola dan akuntabilitas keuangan desa, dan evaluasi tata kelola aset desa, “ujar Koordinator Pengawasan Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah, Safi Mahmud.

Ia menjelaskan, dana desa merupakan sebuah dana yang bersumber dari APBN untuk diperuntukkan bagi desa yang ditransfer melalui APBD kabupaten/kota dan digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat, “jelasnya.

“Tujuan dari pengawasan intern desa yaitu untuk mengevaluasi pengawasan intern yang ada di dalam pemerintahan desa dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pertanggungjawaban, pelaporan, “katanya.



Narasumber  :  Koordinator Pengawasan Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah, Safi Mahmud
Kategori  :  Pembangunan Daerah Tertinggal dan Pembangunan Daerah Terluar
Jenis Media  :  Online
Nama Media  :  aksesnews.com