Pusat


Steven Kandouw: Partisipasi Gender di Sulut Tertinggi di Indonesia

Tanggal Berita : 13-03-2022 || Unit : Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara


Manado, BeritaManado.com —Dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional Tahun 2022, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Daerah (P3AD) menggelar Talk Show dengan Tema ‘Lawan Tabu, Perempuan Berani Bersuara’.

Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, yang hadir sekaligus membuka acara mengatakan salut proficiat bagi semua hadirin.

Kandouw mengungkapkan pentingnya kesetaraan gender dalam setiap aspek kehidupan

“Secara umum khusus saya sampaikan, secara empiris partisipasi di gender di Sulawesi Utara paling tinggi di Indonesia,” ujar Wagub Steven di Atrium Manado Town Square (Mantos), Sabtu (12/3/2022).

Ia menjelaskan, segala aspek dalam masyarakat mulai dari politik, kedudukan hingga sosial, perempuan-peremuan di Sulut sudah mendapatkan tempat luar biasa.

“Contohnya di Bank SulutGo, di zaman direktur sekarang sudah ada direksi perempuan. Sedangkan di lingkungan Pemprov Sulut, perangkat daerah-nya mungkin ada lebih dari 10 pemimpin perempuan. Itu dari aspek partisipasi gender,” kata Kandouw.

Kandouw menjelaskan, hingga awal 2022, kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) di Sulut masih cukup signifikan.

Kondisi ini perlu disikapi dengan lebih baik demi persamaan hak kaum perempuan.

“Sama-sama kita perangi, harus diantisipasi dengan lebih baik,” tegasnya

Kandouw menambahkan, upaya memerangi ketidaksamaan terhadap hak-hak yang dialami kaum perempuan Sulut tak hanya menjadi tugas pemerintah, namun seluruh komponen masyarakat.

“Walaupun di Sulut dari segi empiris kesetaraan gender kita mantap, tapi di aspek lain kita harus baik kalau perlu menjadi terbaik di Indonesia,” kuncinya.

Hadir dalam kegiatan ini Sekretaris TP-PKK sekaligus Kadis P3AD Sulut dr. Kartika Devi Kandouw-Tanos, Direktur Utama Bank SulutGo Revino Pepah, sejumlah Kadis P3AD se-kabupaten/kota se-Sulut serta pejabat dan stakeholder terkait.

Download Kliping

Narasumber  :  Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw
Kategori  :  Pembangunan Karakter Bangsa
Jenis Media  :  Online
Nama Media  :  beritamanado.com